Solusi Sukses Mencari Ilmu

Bismillahi rohman nirrohim . .

belajar arabSebagai manusia yang diciptakan Allah SWT, kewajiban kita di dunia adalah belajar, belajar dan belajar. karena apa, setiap kejadian yang kita terima semata-mata hanya media yang harus kita kupas untuk dijadikan pembelajaran.
Pada waktu sekolah, pasti pernah merasakan belajar/menghafalkan materi kita merasa kesusahan. Bahasa Jawa “Iki peye to, ket mau sinau kok rak apal-apal!”. Dan saking capeknya, ujung-ujungnya terjadi insiden kepala diatas bantal. hehee
Bagaimana se, caranya belajar cepat dan mudah ingat.? Bukan sekedar belajar saja, tapi cara yang harus kita tempuh juga benar-banar dengan hati. Apalagi belajar model wayangan . (semalam suntuk belajar karena besok ada ujian), wah-wah ngak deh belajar model yang kayak gitu, susuh. Langsung aja yuk trik dan solusi sukses belajar :

  1. Bersihkan hati.
    Dengan hati yang bersih pastinya belajar jadi mudah. Maksudnya hati yang bersih adalah kita serahkan seluruhnya kepada yang punya ilmu (Allah SWT). Dengan cara mengingat Allah dan berdoa, InyAllah ilmu yang sedang dipelajar menjadi ringan dan mudah. Karena hati yang bersih, akan mudah menerima pelajar yang sedang kita pelajari. Hati adalah rajanya jasad, kita hatinya sehat secara otomatis prajuritnya (jasad) akan sehat pula.
  2. Menghilangakn Maksiat/Zina.
    Maksiat/zina adalah salah satu perbuatan yang dibenci Allah. Karena sudah menyimpang dari norma-norma agama. Agama manapun pasti tidak membenarkan perbuatan keji ini, timbulnya hati yang kotor adalah maksiat maka kita harus kembali ke syarat no 1, yaitu bersihkan hati.
  3. Sombong.
    Ngak sadar apa ya, manusia itu fakir alias ga punya apa-apa. Seenaknya saja sombong, mau apa ilmumu dicabut lagi sama yang punya ? Bersikap rendah hatilah kepada semua orang, dengan sikap rendah hati tentu ilmu kita akan lebih bermanfaat dan dapat mengamalkan ilmu yang kita punyai untuk orang lain.
  4. Menghormati Guru.
    Sikap yang kita tunjukkan kepada guru kita, karena melalui lantaran beliau kita dapat ilmu yang sekarang kita miliki. Guru itu ibarat ceret/teko dan kita adalah gelasnya. Semakin gelas terisi penuh maka kita tidak ada dapat air dari teko, dan sebaliknya jika gelas itu kosong maka akan mendapat air dari teko. Ini hanya sebuah perumpamaan, kenapa kita harus menghormati guru.

About muhammadhusein

Belajar dari semua pelajaran dari satu tempat ke banyak tempat. Karena kewajiban saya saat ini dituntun untuk belajar dan menjadi Hebat.!

Posted on 29 April 2013, in Motivasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: